Blog

Get informed about our latest news and events

BUKU KOPI, SEDUHAN DAN KESEHATAN

 

KOPI, SEDUHAN DAN KESEHATAN

Puji syukur kehadapan Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan penulis untuk menyusun buku ini.

Pada setiap kesempatan berdiskusi dengan berbagai lapisan masyarakat dalam acara seminar, temu bisnis, temu teknis, pameran dan kuliah, penulis sering mendapatkan pertanyaan mengenai peran minuman kopi terhadap kesehatan tubuh. Sebagian besar dari partisipan beranggapan bahwa minuman kopi menyebabkan nyeri lambung, jantung berdebar, tekanan darah naik dan sering buang urin dan lain-lainnya. Oleh karena itu, penulis memandang perlu untuk menyusun buku tentang Kopi, Seduhan dan Kesehatan untuk menjelaskan hal-hal yang menjadi perhatian masyarakat tersebut.

Buku ini terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama membahas tentang hal teknis yang terkait dengan kandungan nutrisi biji kopi, pengolahan dan teknik penyeduhan kopi. Materi bagian ini merupakan akumulasi pengalaman yang diperoleh penulis selama melaksanakan kegiatan riset dan produksi di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember. Sedangkan, bagian kedua mengupas ringkas tentang kaitan minuman kopi dan kesehatan. Materi pada bagian kedua ini berisi ringkasan studi pustaka dari beberapa jurnal kesehatan dalam dan luar negeri serta bahan-bahan tambahan yang ditelusur dari sumber situs internet.

Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih banyak kekurangan. Untuk itu, penulis mengharapkan masukan, saran dan kritik yang konstruktif untuk penyempurnaan buku ini pada edisi selanjutnya.

 

Jember, 19 Juli 2017

Penulis,

Sri Mulato

Edy Suharyanto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp