Blog

Get informed about our latest news and events

Catatan Kopi Prof. Sri Mulato : MENYIRAM POHON KOPI

Petani

Prof, seandaniya saya punya sumber air, terus saya gunakan untuk menyiram kopi. Apakah ini berdampak untuk memunculkan merangsang pertumbuhan bunga?

SRI MULATO
Penyiraman tanaman kopi untuk merangsang pembungaan dimungkinkan dengan catatan,
1. Butuh air sangat banyak.
2. Kalau jumlah airnya nanggung maka biasanya hanya cukup untuk membentuk primordia dan selanjutnya daun malah abnormal.
3. Sangat tergantung pada tipe struktur tanah serta iklimnya.
4. PTP 12 bersama Puslit pernah mencoba tentang hal itu di kebun Arabika Kalisat/Jampit Bondowoso pada tanah andisol dan tipe iklim D.
5. Jumlah air yg diperlukan untuk memacu 1 pohon ukuran normal adalah 2000 liter/ penyiraman.
6. Pernah mencoba hanya dengan 1000 liter/penyiraman, hanya muncul primordia bunga, daunnya menjadi keriting, dan tidak mampu berfungsi sebagai dapur untuk mendukung proses pembuahan.

Petani

Menarik ini Prof. 2000 ltr/Pohon/Penyiraman. Apakah ada juga data tentang berapa kali harus disiram dan saat kapan, Prof?

Prof.

Interval pennyiraman kira2 10-14 hr, yaitu saat muncul primordia bunga kecil-kecil. Tahap berikutnya disiram lagi setiap hari sesudah bunga mekar selama seminggu sampai saat buah mata yuyu muncul. Sesudahnya penyiraman dilakukan hanya sekedar tanah basah. Supaya tanaman tetap bugar daun tidak layu saja. Penyiraman dihentikan kalau ada hujan kiriman.

Memang dampak kekeringan sangat mahal. Maka perlu diantisipasi. Jangka pendek buat rorak, embung dan tanaman penaung yg tahan kekeringan.

( COFFEE AND CACAO TRAINING CENTER -PIGNATELLI – SURAKARTA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× WhatsApp